Campina Peduli Hawker Di Tengah Pandemi COVID-19

on May 16, 2020

Pandemi COVID-19 saat ini masih melanda Indonesia, dan kita tidak ada yang tahu kapan akan berakhir. Pandemi COVID-19 tersebut berdampak pada perkonomian secara luas, dan khususnya bagi para hawker. Hawker adalah penjaja es krim keliling dari agen mobile unittricycle unit (TU) dan bicycle unit (BU) yang selama ini telah berkontribusi terhadap penjualan Campina.

Untuk itu, manajemen PT Campina Ice Cream Industry Tbk yang peka dan peduli terhadap hal tersebut melakukan aktivitas corporate social responsibility (CSR). Aktivitas ini dilakukan dalam bentuk aksi solidaritas, yaitu membagikan paket-paket sembako kepada para hawker yang terdampak Covid-19.

Dengan tujuan membantu para hawker yang pendapatannya terdampak dengan adanya Covid-19, Campina ikut peduli dengan kondisi tersebut, memberikan sedikit dukungan semangat bagi mereka.

Team Campina bersama hawker dari agen TU/BU di Jakarta Barat

Sebagaimana yang kita ketahui, hawker adalah salah satu garda terdepan penjualan es krim di tengah wabah ini, mencoba memanfaatkan momen para warga yang berada di rumah saja, yang tengah melakukan physical distancing dan social distancing. Menjemput rejeki ke rumah-rumah konsumen es krim Campina. Walaupun kenyataan di lapangan, ada beberapa kendala dalam penjualan; seperti lokasi dimana mereka biasa berjualan saat ini banyak yang tutup, misalnya: sekolah, tempat wisata, hajatan (acara warga), dan berbagai tempat keramaian lainnya. Akan tetapi, para hawker ini tetap semangat, menjaga periuk nasi mereka tetap terisi, walaupun banyak kendala di lapangan.

Program CSR yang di lakukan oleh Campina ini belum menyasar ke semua agen mobile unit se-Indonesia. Saat ini, Campina baru memberikan paket-paket sembako ke para hawker di agen-agen mobile unit di kota-kota besar yang banyak terdampak oleh COVID 19, dan langsung diberikan kepada para hawker yang tetap berjualan di masa karantina ini. Adapun kota-kota yang di berikan bantuan tersebut berada di area coverage empat Kantor Perwakilan (KP) Campina, yakni KP Surabaya, KP Bandung, KP Cakung, dan KP Kosambi. Dari keempat KP tersebut, terdapat sekitar 572 orang hawker yang diberikan bantuan, distribusikan langsung oleh team KP setempat.

Team Campina bersama hawker dari agen TU/BU di Surabaya

Saat team Redaksi meliput pendistribusian paket sembako, para hawker merasa senang dengan bantuan dan kepedulian yang di berikan oleh Campina. “Penjualan sekarang menurun, pak. Tapi tidak apa-apa, yang penting kami tetap ada pemasukan”, ungkap Bapak M. Fauzan, pengelola TU Mutiara Salju, saat team Redaksi berkunjung di KP Cakung.

Team Campina bersama hawker dari agen TU/BU di Jakarta Timur

Dengan kondisi seperti sekarang ini, para hawker tetap bersemangat untuk berjualan menyusuri jalanan, perumahan, perkampungan, dan lain-lainnya. Kekhawatiran terpapar virus Corona tetap ada, karena itu mereka selalu berusaha menjalani protokol kesehatan dari pemerintah. Para hawker dan para agen, dan tentunya kita semuanya berharap kondisi bisa segera membaik, sehingga mereka bisa berjualan normal seperti biasanya. Berjualan dengan leluasa, mengunjungi pusat-pusat keramaian lagi.

Team Campina bersama hawker dari agen TU/BU di Kota Bandung

Dengan adanya program CSR Peduli Covid-19 dari manajemen PT Campina Ice Cream Industry Tbk ke para hawker ini, diharapkan dapat membantu meringankan sedikit beban mereka, serta dapat memberikan dukungan semangat dan kepedulian di tengah masa pandemi ini. Semoga pandemi Covid-19 segera berlalu.