Campina Perkenalkan Pembaharuan ‘Jingle’

on February 6, 2020

Kolaborasi Apik dengan Musisi Widi ‘Maliq & D’Essential’dalam Membangun Brand Image yang Lebih Segar, Kreatif dan Kekinian

BANDUNG, 6 Februari 2020 – Tak dapat di pungkiri, jingle atau lagu singkat dari iklan suatu brand atau produk memegang peranan penting dan memiliki efektivitas dalam penyebaran awareness suatu brand atau produk di masyarakat. Jingle yang biasanya melatarbelakangi konten visual sebuah iklan brand atau produk memiliki tujuan utama yang mendasar yaitu tercapainya awareness di benak konsumen. Apabila di buat secara menarik, maka akan melekat dan membuat konsumen dapat menebak iklan suatu brand atau produk tanpa harus melihat visualnya secara utuh. Brand pun dapat   memanfaatkan Jingle yang catchy dengan tujuan agar pada saat konsumen terpikir untuk membeli produk tertentu, nantinya akan teringat dengan Jingle iklan tersebut dan menjadi pertimbangan calon konsumen untuk membeli produk yang bersangkutan ketika di hadapkan pada pilihan produk yang serupa.

Keberadaan Jingle yang cukup penting dalam membangun brand awareness tersebut juga diyakini oleh produsen es krim terkemuka, PT Campina Ice Cream Industry Tbk (Campina) yang telah bergelut di industri ice cream Tanah Air sejak tahun 1972. Brand Campina sendiri pertama kali memperkenalkan Jingle iklannya di tahun 1981 dengan diiringi musik yang memiliki ciri khas. Dan sejak saat itu Jingle Campina sudah mengalami 3 kali penggubahan atau re-arrangement yang menyesuaikan dengan perkembangan zaman. Dan demi menyesuaikan dengan kondisi era millenial saat ini, Campina yang senantiasa melakukan terobosan dan inovasi di segala bidang, kembali melakukan inovasi dan me-refresh brand image Campina menjadi lebih segar, muda, kekinian dan mengikuti zaman millenial saat ini dengan memperkenalkan pembaharuan Jingle Campina yang kali ini berkolaborasi dengan musisi Widi ‘Maliq & D’Essentials’ bertempat di Hotel Crowne Plaza, Bandung.

Kehadiran pembaharuan Jingle Campina yang lebih kreatif ini dilakukan untuk menyesuaikan dengan kondisi tren saat ini dengan memperbaharui Jingle sebelumnya, sehingga brand image Campina pun dapat menyesuaikan dengan menjadi lebih fresh, younger dan kekinian yang pas untuk era  millenials. Seperti diutarakan oleh Perwakilan Campina, Bapak Mustofa Saadji sebagai Brand Manager “Sebagai brand kuliner, kami sadar untuk dapat selalu menjaga kestabilan brand awareness kami di masyarakat sehingga dari tahun ke tahun tetap menjadi top of mind masyarakat, khususnya untuk produk ice cream, meskipun era nya berubah. Berbagai usaha secara rutin kami lakukan untuk melakukan peremajaan dan penyesuaikan dengan kondisi di setiap era. Hal ini kami lakukan agar brand Campina semakin relevan dengan perkembangan gaya hidup masyarakat saat ini dan ke depan. Melalui pembaharuaan Jingle Campina, kami ingin memberikan penyegaran secara visual kepada konsumen setia dan penikmat ice cream di Indonesia, sehingga produk Campina masih dapat tetap bertahan dan di gemari masyarakat hingga sekarang”.

Ditambahkannya, “Saat ini, konsumen utama Campina adalah para generasi millanial dan zillenial maka dengan memperbaharui Jingle ini yang merupakan sebuah keniscayaan dimana era sekarang sudah jauh berbeda dengan era terdahulu dan kita tahu hampir 35% penduduk Indonesia adalah kaum millenial. Oleh karena itu, jika kami tidak melakukan pembaharuan atau melakukan arrangement baru dalam komunikasi visual kami khususnya untuk target konsumen generasi millenial, sepertinya akan sulit rasanya Campina dapat di terima oleh generasi baru. Oleh karena itu, kami senantiasa melakukan berbagai pembaharuan, tak terkecuali pada cara komunikasi visual kami, agar brand Campina selalu up-to-date dan menjadi pilihan masyarakat di segala era”.

Pihak Campina memaparkan lebiih jauh bahwa pembaharuan yang dilakukan pada Jingle Campina itu bukanlah merombak secara keseluruhan Jingle yang sudah ada, tetapi lebih mendaur ulang Jingle yang sudah ada dengan beberapa bagian dari Jingle tersebut yang tetap di pertahankan dan beberapa bagian lainnya di tambahkan liriknya dan di re-make kembali musiknya.. “Pengubahan Jingle lebih ke penyesuaian dengan materi komunikasi/mood atau ambience dari TVC yang kami usung mulai tahun 2020 ini, guna memberikan penegasan terhadap nilai-nilai perusahaan yang selalu berkomitmen dalam berinovasi serta menciptakan kesenangan dan kebahagiaan melalui produk-produk istimewa yang di buat dari bahan alami, higienis dan berkualitas kepada konsumen. Kehadiran inovasi produk Campina sendiri dimaksudkan untuk membuat konsumen dapat lebih menikmati hidup yang sehat melalui kandungan nutrisi dan bahan-bahan bermutu di dalam produk ice cream serta menyebarkan kebahagiaan yang didapatkan ketika menikmati produk-produk Campina”, terang Bapak Mustofa Saadji

Dalam pembuatan pembaharuan Jingle ini, Campina berkolaborasi secara apik dengan musisi Widi Puradiredja yang merupakan salah satu personil grup band papan atas Indonesia, Maliq & D’Essential. Kepiawaian Widi yang juga berkecimpung sebagai pencipta Jingle beberapa brand ini terbukti dapat membuat Jingle Campina menjadi semakin catchy. “Kami sangat antusias dan gembira dengan melakukan  kolaborasi ini. Kami percaya berdasarkan pengalaman yang dimiliki Widi dalam menciptakan lagu dan juga me-remake lagu, ia mampu lakukan tanpa menghilangkan identitas dari brand yang sudah ada. Kami berharap hasil kolaborasi kreatif ini dapat di terima dan di sukai oleh konsumen setia Campina di seluruh Indonesia, sehingga dapat membawa perubahan yang lebih baik untuk Campina ke depannya”, ujar Bapak Tofa optimistis.

Widi sendiri merasa terhormat dapat di percaya untuk meracik ulang Jingle legendaris Campina. “Bagi saya, ini merupakan kehormatan yang besar akhirnya saya di percaya dapat meracik ulang Jingle dari brand ice cream legendaris ini. Secara pribadi saya juga menyukai produk-produk Campina yang kerap dapat mendongkrak mood saya menjadi semakin baik dan menjadi panganan favorit, sehingga kesempatan untuk dapat meracik ulang Jingle nya tentu memberikan pengalaman yang mengesankan. Setelah melalui beberapa diskusi yang dilakukan secara intensif dengan pihak Dwisapta selaku creative agency dari Campina, maka di kesempatan ini, saya persembahkan hasil kolaborasi dengan tim Campina dengan harapan Jingle Campina semakin gampang di kenang”, terang Widi.

***

Tentang PT Campina Ice Cream Industry Tbk (Campina)

Campina awalnya merupakan bisnis keluarga yang berawal dari sebuah rumah kecil di kota Surabaya, kini telah berkembang pesat menjadi salah satu produsen es krim lokal terbesar di Indonesia, bahkan telah mencatatkan diri di Bursa Efek Indonesia (BEI) pada Desember 2017.

Sejarah Campina di mulai pada 22 Juli 1972 di Surabaya, Jawa Timur, didirikan oleh Darmo Hadipranoto beserta istri menciptakan es krim yang bernama Campina.

Produsen es krim lokal ini terus berinovasi menjawab kepuasan dan keinginan para konsumen, menjaga komitmen untuk menjadi yang terbaik, diwujudkan dengan menjaga cita rasa kualitas varian produk favorit yang selalu disukai oleh seluruh lapisan masyarakat.

Seiring perjalanan waktu, Campina terbukti mampu untuk terus berkembang dan memberikan produk-produk terbaiknya ke seluruh keluarga di Indonesia. Produk-produk es krim yang diproduksi Campina yang melekat di hati keluarga Indonesia antara lain hula-hula, concerto,happy cow, tropicana, neapolitan dan masih banyak yang lainnya.