Dua Penghargaan Prestisius untuk Campina Ice Cream

on September 1, 2019

Usaha dan kerja keras apabila membuahkan hasil tentunya memberikan kegembiraan tersendiri terhadap pelakunya. Terlebih apabila hasil kerja kerasnya dikenal dan mendapatkan pengakuan dari masyarakat luas.

Hal ini baru saja terjadi, PT. Campina Ice Cream Industry, perusahaan yang sama-sama kita cintai ini, mendapatkan penghargaan Social Media Award 2019 dan Digital Marketing Award 2019, yang diberikan di Grand Ballroom Hotel Mulia Senayan, tanggal 27 September 2019 yang lalu, diterima oleh dua orang perwakilann dari Campina, yaitu Bapak Mustofa Saadji selaku Brand Manager, dan Bapak Harwindra Yoga Prasetya selaku Marketing Communications Manager.

Di dua kategori, Social Media Award dan di scope yang lebih luas, yaitu Digital Marketing Award, Campina Ice Cream menunjukkan performa gemilang. Untuk social media-nya, Campina di tahun 2019 ini banyak melakukan aktivasi-aktivasi yang banyak mencuri perhatian para netizen.

Terlebih sejak peluncuran es krim Summer Barz bulan Juli yang lalu, kegiatan pemasaran dan penyampaian pesan dilakukan via aktivitas social media marketing. Salah satu social media channel yang paling kuat dan populer saat ini adalah Instagram. Dengan Instagram, Campina bisa melakukan banyak hal. Tidak hanya produksi konten sendiri, namun konten-konten menarik berupa foto dan video pendek yang relate ke Campina juga bisa dihasilakan oleh content creator, yang bekerjasama dengan Campina.

Istilah lain dari content creator ini adalah key opinion leader (KOL), alias orang-orang yang punya pengaruh besar di media digital (influencer).

Dengan aktivitas online yang digabungkan dengan offline, salah satunya lewat promosi di salah satu key account modern trade, Alfamart, penerima pesan promosi pun bertambah. Bukan saja mereka yang berkunjung ke Alfamart, namun juga mereka pengguna Instagram yang mengikuti akun Instagram Campina, dan masing-masing content creator yang bekerjasama dengan Campina.

Hasilnya? Boom! Baik awareness (kesadaran konsumen) dan sales (penjualan produk Summer Barz meroket dalam waktu yang cukup singkat, 3 bulan saja sejak tanggal peluncurannya.

Hasilnya? Boom! Baik awareness (kesadaran konsumen) dan sales (penjualan produk Summer Barz meroket dalam waktu yang cukup singkat, 3 bulan saja sejak tanggal peluncurannya.

Nah, bagaimana dengan penilaian performa Campina sehingga layak diganjar penghargaan Digital Marketing Award?

Tentunya lingkupnya lebih luas dari social media. Bisa dibilang, social media adalah salah satu elemen dari digital marketing. Elemen yang lain meliputi: website (corporate dan e-commerce website), online public relation (kegiatan hubungan masyarakat dengan media digital), affiliate marketing (semacam pemasaran jaringan), search engine (mesin pencari), e-mail marketing (dikenal juga dengan e-mail blast/newsletter), dan CRM (customer relationship management).

Bisa dibilang, perusahaan kita sudah aktif dan melakukan kegiatan-kegiatan yang disebutkan sebagai elemen dari digital marketing (pemasaran dengan menggunakan media digital) dengan baik. Suatu klaim yang tidak dibuat oleh internal perusahaan sendiri, tapi juga diklaim terbaik oleh badan independen yang profesional, Majalah MARKETING Group, yang juga menggagas penghargaan Top Brand Awards.

Bisa dibilang, perusahaan kita sudah aktif dan melakukan kegiatan-kegiatan yang disebutkan sebagai elemen dari digital marketing (pemasaran dengan menggunakan media digital) dengan baik. Suatu klaim yang tidak dibuat oleh internal perusahaan sendiri, tapi juga diklaim terbaik oleh badan independen yang profesional, Majalah MARKETING Group, yang juga menggagas penghargaan Top Brand Awards.

Beberapa poin penilaian dari Digital Marketing Awards ini antara lain;

Performa website yang menjadi ‘rumah’ untuk konten pemasaran.
Banyaknya pencarian dengan kata-kata kunci relevan yang langsung mengarah ke website.
Aktivitas penyediaan konten kreatif dan informatif (inbound marketing) yang mudah ditemukan netizen via pencarian Google. Website yang memungkinkan terjadi pembelian/transaksi secara online. Tujuan dari semua kegiatan yang dilakukan oleh Campina Ice Cream di media digital ini adalah agar konsumen dan juga calon konsumen kita menjadi lebih dekat. Lebih dekat dalam artian mereka bisa mendapatkan informasi tentang merek-produk-layanan, dan bahkan promo yang sedang berjalan dengan mudah, lewat perangkat yang sangat dekat dengan mereka, yang tak pernah lepas dari gengaman mereka, yaitu smartphone mereka.

Para pengelola merek pun kini sudah semakin sadar bahwa kegiatan branding ke anak-anak muda tidak akan pernah lepas dari gadget, dimana smartphone menjadi perangkat yang paling banyak dituju.

Para pengelola merek pun kini sudah semakin sadar bahwa kegiatan branding ke anak-anak muda tidak akan pernah lepas dari gadget, dimana smartphone menjadi perangkat yang paling banyak dituju.

Perlu digaris bawahi, bahwa aktivitas komunikasi pemasaran di media digital yang dilakukan oleh Campina, yang baru saja mendapatkan penghargaan ini tidak dicapai dengan cara instan.

Butuh waktu, kesabaran, tekad/niat (persistence). Dan tidak lupa, peran dan dukungan team member lain, yang mendukung penuh semua kegiatan ini.

Terima kasih untuk Majalah MARKETING atas penghargaaanya, dan juga terima kasih untuk seluruh karyawan Campina yang aktif terus menerus menyebarkan kabar baik tentang merek-produk-layanan-promosi kita, di akun social media kantor perwakilan maupun akun social media pribadi.

Selamat untuk kita semua!