Kepedulian untuk Terhindar dari Virus Corona

on March 22, 2020

Di era merebaknya pandemi Covid-19 ini, membuat banyak dari kita merasa was-was, takut, dan bahkan panik. Hal tersebut adalah hal yang wajar, karena insting dasar kita sebagai manusia adalah mempertahankan eksistensi kita, alias bertahan hidup.

Panik dan ketakutan yang berlebihan akan memicu kita melakukan aktivitas yang juga berlebihan. Menimbun stok masker, hand sanitizer, dan bahan-bahan pokok, misalnya, jikalau timbul peraturan untuk tidak keluar rumah (lockdown). Namun sekaligus, menguji semangat kemanusiaan kita.

Apakah kita cukup peduli dengan sekitar kita, saudara-saudara yang masih membutuhkan masker, hand sanitizer, dan bahan-bahan pokok, dengan tidak menimbun, dan secara wajar menggunakannya? Karena perlu diingat, bahwa keterbatasan pasokan yang menimbulkan naiknya permintaan akan pulih dengan sendirinya, sehingga dan harga dan stok pun berangsur-angsur akan kembali normal. Disamping itu, baik masker dan hand sanitizer masih banyak dibutuhkan oleh orang-orang lain, termasuk tenaga medis/kesehatan.

Lalu? Apa yang dilakukan oleh Campina Ice Cream dalam meminimalisir resiko menularnya virus Corona ini di lingkungan perusahaan?

  1. Mendukung #socialdistancing atau jarak sosial, dengan menjaga jarak dengan/antar sesama karyawan minimal 1 (satu) meter.
  2. Tidak menerima tamu dari luar, termasuk supplier dan agency untuk keperluan apapun. Hal ini pun saat ini berlaku di Campina factory, dimana kegiatan factory tour ditunda untuk sementara.
  3. Menggalakkan meeting jarak jauh, dengan menggunakan teknologi conference call meeting.
  4. Menyediakan hand sanitizer di titik-titik strategis (dekat dengan toilet, mesin absensi, dll).
  5. Menggalakkan gerakan rajin cuci tangan dengan sabun dan air mengalir untuk menjaga kebersihan diri.
  6. Menggunakan masker jika merasa tidak sehat, atau tidak masuk kerja sama sekali (diikuti dengan langkah konsultasi ke dokter).
  7. Berjemur di bawah matahari setiap pukul 10.00 WIB selama 15-20 menit.
  8. Wajib cek suhu badan, diatas 37,5 derajat Celcius dilarang masuk area kantor.

Campina masih bisa mendukung semangat untuk mereka yang #dirumahaja ini, dengan terus menciptakan dan menyebarkan kegembiraan, sebagaimana kita yakini, bahwa es krim itu sendiri bisa membawa kegembiraan dan keceriaan.

Untuk mereka yang tinggal di rumah di masa-masa sekarang, salah satunya untuk menghindari kontak dengan orang lain dengan tidak keluar rumah, masih bisa menikmati es krim Campina, menghadirkan keceriaan bersama putra-putrinya yang sedang ‘libur sementara’ dari sekolahnya, atau memberikan reward atas kerja keras yang telah dilakukan, meskipun pekerjaannya dilakukan dari rumah.  

Mereka yang tinggal di rumah selama ‘masa karantina’ ini bisa memesan es krim via layanan pesan antar Campina Delivery (phone/WhatsApp/mobile browser, mobile apps), lewat aplikasi e-commerce terkemuka, yang memungkinkan penghantaran es krim Campina di hari yang sama.