Kisah Es Krim Campina Berawal dari Garasi Rumah di Surabaya

on June 15, 2020

Liputan6.com, Jakarta – Add a special moment to your family life, add something nice to everyday, add a special moment, refreshement that right, add a special moment right now, add something nice, at a special moment to every day. Masih ingat jingle lagu iklan es krim ini?

Ini salah satu jingle iklan es krim Campina sekitar tahun 1990-an. Ketika itu jingle iklan es krim ini begitu mengena di hati.

Di tengah perkembangan zaman, produsen es krim Campina yang akan berulang tahun ke 47 tahun ini mampu bertahan. Bahkan perusahaan asal Surabaya, Jawa Timur ini telah menjadi salah satu emiten di pasar modal Indonesia pada 2017.

Siapa yang mengira kalau produsen es krim ini bermula dari garasi rumah yang terletak di Jalan Gembong Sawah, Surabaya, Jawa Timur. Produsen es krim ini didirikan Darmo Hadipranoto dan istrinya pada 22 Juli 1972. Saat itu, suami istri ini membangun CV Pranoto.

Mengutip laman campina, Rabu (17/7/2019), es krim Campina milik Darmo Hadipranoto mulai dikenal, serta disukai masyarakat. Bahkan mengundang agenda kunjungan Gubernur Jawa Timur H.M Noer ke pabrik Campina pada 1973.

Untuk meningkatkan variasi produk, pada 1984, Campina memindahkan lokasi pabrik ke Rungkut, yang saat ini masih digunakan. Perkembangan cara penjualan Campina juga mulai beragam dari menggunakan armada sepeda, freezer hingga van.

Sesuai visi Campina untuk menjadi produsen es krim terbesar, pada 1994, Sabana Prawirawidjaja dari PT Ultrajaya Milk Industry berpartisipasi dalam kepemilikan saham sehingga nama perusahaan berubah menjadi PT Campina Ice Cream Industry.

Sumber