Yakin penjualan tumbuh 8% tahun ini, Campina (CAMP) sasar konsumen milenial

on December 22, 2019

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. PT Campina Ice Cream Industry Tbk (CAMP) produsen es krim merek Campina, terus mereguk manisnya kesuksesan menggarap industri es krim di Indonesia. Sukses Campina tersebut karena keberhasilannya membangun perusahaan dengan berbasis consumer centric dengan membangun layanan dan produk dan membangun engagement ke konsumen.

Pendekatan consumer centric ini memiliki tujuan akhir yaitu kepuasan pelanggan. Campina pun beradaptasi dengan era digital dan konsumen milenial sehingga berhasil menjadi top of mind di masyarakat Indonesia.

Manajemen CAMP dalam rilis yang diterima Kontan.co.id, Sabtu (21/12) menyebut, dengan strategi tersebut Campina meraih market share 20% di kategori es krim. Campina mematok pertumbuhan di angka kisaran 8% sampai akhir tahun ini, target tersebut merupakan suatu kesuksesan jika menilik pertumbuhan industri FMCG yang hanya sekitar 5%.

Keberhasilan itu tidak mudah karena dengan berbasis consumer centric mengharuskan Campina untuk bisa keep up dengan kebutuhan konsumen. Konsumen sekarang yang didominasi oleh kaum muda yang memiliki keinginan yang sangat beragam.

Salah satunya adalah produk Es Krim Potong, dihadirkan Campina karena melihat demand yang tinggi dari konsumen. Harwindra Yoga Prasetya, selaku Marketing Communication Manager CAMP, menyebutkan Es Krim Potong ini idenya datang dari konsumen yang terbiasa  mengkonsumsi ‘es krim uncle’ di Singapura.

“Kami hadirkan dengan ide es krim untuk dikonsumsi bersama keluarga, jadi kami hadirkan dalam kemasan karton untuk 10 sajian”, ujarnya dalam rilis yang diterima Kontan.co.id, Sabtu (21/12). Campina juga melakukan kolaborasi bersama brand lain, seperti Disney Marvel dan Nickeloden.

Karakter dari kedua brand diatas dilihat Yoga sangat relevan karena sedang digemari oleh kalangan anak-anak dan remaja. Selain produk, Campina juga memperkuat sektor pelayanan. Melihat market dengan demografi generasi muda, Campina menghadirkan layanan beli es krim online melalui mobile web ataupun mobile apps.

Untuk pengiriman, Yoga meyakinkan kalau ia dan timnya bisa menghadirkan es krim pilihan konsumen hanya dalam waktu kurang dari 2 jam. “Bahkan bisa kurang dari 1 jam, tergantung posisi dari konsumen sendiri. Intinya kami bisa pastikan es krim favorit anda berada didepan anda hanya dalam hitungan jam,”ujarnya.

Untuk mememperkuat layanan toko, Campina juga melayani pembelian melalui dompet elektronik atau e-wallet, yaitu GO-PAY. Layaknya e-commerce lainnya, toko online membutuhkan pendistribusian produk yang cepat, begitu juga Campina.

Saat ini sudah ada 30 distributor atau kantor perwakilan di Pulau Jawa, dan 30 di luar Pulau Jawa. Jumlah dsitributor tersebut sangat berhasil untuk bisa melayani penggemar Campina di seluruh pelosok Indonesia.

sumber: https://industri.kontan.co.id/news/yakin-penjualan-tumbuh-8-tahun-ini-campina-camp-sasar-konsumen-milenial