Top Brand Award 2022 Untuk Campina Ice Cream

on September 15, 2022

Tanggal 15 September 2022 yang lalu, Campina Ice Cream kembali menerima penghargaan Top Brand Award 2022 untuk Kategori Es Krim, sebuah pengakuan untuk pencapaian luar biasa dalam membangun merek yang top. 

Di jaman digital yang memungkinkan konsumen dapat berinteraksi langsung dengan merek baik lewat kanal online dan offline, membuat pengelola merek harus berupaya untuk hadir lebih dekat dengan konsumennya. Lewat strategi push dan pull, konten yang disediakan diharapkan dapat menjangkau audience yang sudah demikian rupa ditargetkan oleh para pengelola merek.  Salah satu tujuannya, agar awareness dan recall ke merek tetap terjaga. Agar merek yang dikelola tetap menjadi pilihan pertama. 

Mewakili Campina Ice Cream, Bapak Harwindra Yoga Prasetya selaku Marketing Communications Manager kembali hadir untuk menerima penghargaan yang diserahkan Bapak Fandy Santoso, CEO dan Co-Founder Giladiskon, bagian dari Frontier Group

Top Brand Award diinisiasi dan dilaksanakan oleh lembaga riset independen, Frontier Group dengan media partner Majalah Marketing . Data yang dikumpulkan dari riset digunakan untuk menentukan performa dan tingkat penetrasi tiap-tiap merek di pasar Indonesia. 

Top Brand Award 2022 untuk Campina dari Kategori Es Krim

Proses wawancara dilakukan kepada responden, yaitu anak-anak, baik laki-laki maupun perempuan berusia 8-12 tahun (500 responden), kalangan wanita berusia 25-50 tahun yang memiliki anak di usia 0 – 12 tahun (1.000 responden), dan remaja laki-laki dan perempuan berusia 13-17 tahun, saat dihadapkan dengan pertanyaan merek apa yang muncul pertama kali saat mendengar kata kunci ‘es krim’.

Wawancara dilakukan secara tatap muka, menggunakan kuesioner terstruktur yang didesain khusus untuk dapat mengukur ketiga parameter Top Brand, yaitu Top of MindLast Usage & Future Intentions:

  • Top of mind: kesadaran akan merek (merek pertama yang disebutkan oleh responden saat kategori produk diutarakan).
  • Last usage: penggunaan terakhir (merek terakhir yang digunakan/dikonsumsi oleh responden dalam satu siklus pembelian ulang).
  • Future intention: niat membeli kembali (keinginan responden untuk menggunakan/mengonsumsi kembali di masa mendatang).

Dengan diterimanya penghargaan ini, berarti Campina Ice Cream selaku salah satu merek es krim masih memiliki brand awareness (top of mind), masih menjadi pilihan di saat ini (last/current usage), dan di masa yang akan datang (future intentions). 

Referensi:

  1. Artikel Top Brand Award-Metodologi Survey (diakses pada hari Minggu, 18 September 2022 pukul 21.44 WIB)
  2. Halaman Top Brand Award-Top Brand Indeks (diakses pada hari Minggu, 18 September 2022 pukul 21.44 WIB)