Virtual Concert, Sebuah Pilihan Untuk tetap Kekinian di Tengah Pandemi Covid-19

on August 18, 2020

Kalau pandemi Covid-19 ini tidak datang, mungkin saat ini banner, spanduk, dan freezer-freezer Campina sudah terpajang di booth-booth keren dan tenda-tenda sarnaville di event-event musik bergengsi, atau perhelatan pensi yang digelar kampus atau sekolah menengah atas terkemuka.

Kalau saja…

Pandemi ini memaksa para pengemar musik untuk banyak diam di rumahnya masing-masing. Dan hal ini membuat para pemusik dan penggiat event harus memutar otak 180 derajat untuk tetap bisa mendapatkan penghasilan, mengisi periuk nasi mereka. Namun selalu ada jalan buat yang punya kemauan. Lewat bantuan teknologi, jadilah konser-konser yang awalnya berformat tatap muka, menjadi konser yang digelar secara virtual. Konser via online, istilah lainnya.

Artis masih bisa menggelar konser, memainkan lagu-lagu andalannya di suatu tempat, lalu direkam dan disiarkan secara LIVE atau langsung seperti halnya tayangan sepakbola, dan penggemarnya tetap bisa menikmati musik mereka, dan tetap bisa ekspresif dengan tetap mengindahkan physical/social distancing. Jelas, karena mereka menonton konsernya dari rumah masing-masing.

Buat yang belum terbiasa, pasti merasa aneh. Kita yang biasa jejingkrakan, menyanyi bersama-sama saat lagu hits-nya dimainkan, hanya bisa diam menonton dari layar smartphone, layar PC/laptop, ataupun TV kita di rumah, yang terkoneksi internet. Selamat datang di new normal, Campina Lovers!

Kedekatan yang tercipta secara virtual ini pun jadi satu-satunya pilihan untuk menikmati musik di masa karantina ini. Yang dapat dimanfaatkan oleh pengelola merek, untuk tetap dekat dengan target audience-nya. Seperti disampaikan Siti Fauziah Nirmala Putri, atau akrab dipanggil Zizi, assistant brand untuk Summer Barz (salah satu dari sekian merek dibawah Campina yang beliau kelola), “Konser musik virtual masih dipandang seru oleh target audience Summer Barz, yang datang dari segmen anak muda. Ini jadi salah satu peluang kita untuk mengingatkan mereka akan es krim popsicle dengan potongan buah stroberi asli, Summer Barz”, demikian disampaikan Zizi saat mempersiapkan konser musik virtual ini.

Bekerjasama dengan Kapan Lagi Youniverse (KLY) dan memanfaatkan portal video steaming Vidio.com, Campina Summer Barz menggelar “SUMMER BREEZE at HOME with Maliq & D’Essentials, LIVE exclusive at VIDIO.com. ”Keseruan tetap bisa didapatkan meskipun para audience menonton dari rumah via smartphone, tablet, maupun PC/laptop-nya“, ujar Zizi menutup perbincangan.

Grup band yang salah satu personilnya turut menggubah jingle Campina yang baru ini, tampil enerjik menghibur para penggemarnya, memainkan lagu-lagu hits mereka. Sebelum konser dimulai, digelar talk show, menampilkan Mustofa Saa’dji (Brand Manager Campina) selaku narasumber, yang menjelaskan latar belakang mengapa Summer Barz memilih konser musik virtual sebagai salah satu ‘kendaraan’ dalam menyampaikan pesan mereknya.

Acara konser musik virtual ini hanya salah satu dari rangkaian panjang brand activity Summer Barz. Sebelumnya, Summer Barz lewat akun Instagram @campinaicecream menggelar digital campaign, menyediakan filter khusus di Instagram (IG) Story, Summer Barz Challenge, yang bisa bapak/ibu coba saat membuka fitur IG Story. Keseruan-keseruan ini Campina lakukan, agar merek yang baru saja berulang tahun ke-48 ini, tetap relevant dan relate dengan dunia anak muda masa kini.